Delete Toxic People

Bulan Desember 2016 lalu saya sempet gereja di JPCC, dan dari sekian banyak sermon yang saya catat ringkasannya di HP, ada salah satu yang masih membekas jelas di ingatan. Berhubung ini hari Minggu, gapapalah ya sekali sekali copas catatan kotbah ke blog :)) Meskipun ada ayat alkitabnya, topik ini ga sepenuhnya bahas soal ketuhanan kog. Malah lebih ke cara bergaul dan bersosialisasi.

Delete Toxic People in Your Life – Ps. Sidney Mohede

Buat beberapa dari kita, ini adalah masalah berat. Toxic itu racun, dan membuat kita mati secara perlahan-lahan. Stop, unfollow, dan unfriend teman-teman yang memberikan konteks negatif dalam hidup kita. Jangan izinkan orang-orang tersebut memberikan pengaruh buruk dalam hidup kita.

–> KERAS BRO. Love is patient, love is kind, tapi in some way lo disuru buang-buangin temen juga hahahah.

Ciri-ciri Toxic People:

  • Selalu negatif dalam tindakan & perkataan
  • Suka mengecilkan dan merendahkan orang lain
  • Sering menjelek-jelekkan orang lain
  • Suka membuat kamu berpikir buruk tentang dirimu sendiri

Amsal 22: 24-25, Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah, supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat  bagi dirimu sendiri.

1 Korintus 15: 33, Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

When people walk away from you, let them go. Your destiny is never tied to anyone who leaves you,  and it doesn’t mean they are bad people. It just means that their part in your story is over. God will never ask you to give up something without giving you something better in return.

Kotbah ini sedikit nyambung juga dengan another sermon yang kurang lebih berkata, “You are the average of the 5 people you spend the most time with.

Artinya, sebenarnya tanpa disadari, karakter kita, sifat kita, cara bicara kita, itu pasti mirip dengan 5 orang terdekat yang paling sering berinteraksi dengan kita. Dan ini somehow bener banget!!

Jadi sebenarnya saya memulai tahun 2017 ini dengan sebuah resolusi yang aneh tapi efektif sih, yaitu mengurangi teman huhahaha. Sounds weird, tapi efektif banget. Mengurangi teman bukan berarti saya jadi nambah musuh, cuma emang mengurangi waktu yang dihabiskan dengan orang-orang yang menurut saya kayaknya bakal cross path dalam hidup itu cuma bentar banget. Mending investasi waktu buat orang-orang yang kemungkinannya masih tetep berkomunikasi sama saya sampe tua renta nanti lebih besar ga sih?

Btw hasil “resolusi” saya ini sekarang berasa banget. Tahun 2017 ini saya jadi punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan quality time sama keluarga atau teman-teman baik. Grup wasap emang masih banyak, cuma setidaknya saya ga semurah tahun lalu, yang mana setiap malam pasti adaaa aja janji heng ot di sebuah tempat. (Tapi kan dulu alibinya nyari pelarian yak demi move on hahaha). Walaupun memang alasan lain saya jadi memahalkan diri adalah karena udah berasa makin tua sih… kayak cape gitu ya sekarang kalo banyak basa basi atau main sampe larut malam…. 나 왜 이래…

Anyway! Gitu deh yah. Buat yang ga tegaan nolak tawaran main, latihan lah jadi orang tega. Buat yang susah move on, pikir-pikir lagi coba, itu orang akan bawa lo naik level atau tidak? Naik level secara intelektual, naik level dalam keimanan. Kalo ujung-ujungnya malah nyeret lo jadi makin alay… YA BHAY.

Who you spend most of your time with determine which influence you will get in your life. Kalau kamu terus menerus menghabiskan waktu dengan orang yang salah, kamu ga akan sempet ketemu orang yang benar.

Toxic people? Shoo shoo! (kibas-kibas pake sapu)

ps: Konten di atas ini saya tuliskan kembali berdasarkan kotbahnya Ps Sidney yaa.. bukan karangan saya sendiri. Isinya memang terlalu mengena jadi sayang kalau disimpan sendiri :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s